Dalil Bukhur/Gahru
(Membakar Dupa)
Dalam
sebuah majelis dzikir ataupun majelis maulid terkadang ada tradisi
pembakaran dupa (bukhur). Tradisi semacam itu bukan sesuatu yang
tanpa dasar, berikut penjelasannya :
كان
بن عمر إذا استجمر استجمر بالوة غير مطراة
أو بكأفور يطرحه مع الألوة ثم قال هكذا
كان يستجمررسول الله صلى الله عليه وسلم
Apabila
Ibnu Umar beristijmar (membakar dupa) maka beliau beristijmar dengan
uluwah yang tidak ada campurannya, dan dengan kafur yang di campur
dengan uluwah, kemudian beliau berkata; "Seperti inilah
Rosululloh SAW, beristijmar". (HR.Nasa'i No.5152)
Imam
Nawawi mensyarahi hadits ini sebagai berikut:
الاستجمار
هنا استعمال الطيب والتبخر به وهو مأخوذ
من المجمر وهو البخور وأما الألوة فقال
الاصمعي وأبو عبيد وسائر أهل اللغة والغريب
هي العود يتبخر به
Yang
di maksud dengan istijmar di sini ialah memakai wewangian dan
berbukhur "berdupa" dengannya. Lafadz istijmar itu di ambil
dari kalimat Al Majmar yang bermakna al bukhur "dupa"
adapun Uluwah itu menurut Al Ashmu'i dan Abu Ubaid dan seluruh pakar
bahasa arab bermakna kayu dupa yang di buat dupa. (Syarah Nawawi
‘Alaa Muslim: 15/10.)
Di
tambah komentar Imam Nawawi tentang hadits tersebut:
ويتاكد
استحبابه للرجال يوم الجمعة والعيد وعند
حضور مجامع المسلمين ومجالس ألذكر والعلم
Dan
sangat kuat kesunahan memakai wewangian (termsuk istijmar) bagi laki
laki pada hari jumat dan hari raya, dan saat menghadiri perkumpulan
kaum muslimin dan majlis dzikir juga majlis ilmu. (Syarah Nawawi
‘Alaa Muslim: 15/10)
Dan membakar dupa saat majlis dzikir, atau majlis ta’lim itu sudah di contohkan oleh Imam Malik ra, seperti yang di jelaskan dalam biografi Imam Malik yang di tulis di belakang kitab Tanwirul Hawalik Syarah Muwattho' Malik Imam Suyuti. Juz 3 no 166
Dan membakar dupa saat majlis dzikir, atau majlis ta’lim itu sudah di contohkan oleh Imam Malik ra, seperti yang di jelaskan dalam biografi Imam Malik yang di tulis di belakang kitab Tanwirul Hawalik Syarah Muwattho' Malik Imam Suyuti. Juz 3 no 166
قال
مطرف كان مالك إذا أتاه الناسخرجت اليهم
الجارية فتقول لهم يقول لكم الشيخ تريدون
الحديث أو المسائل؟ فإن قالوا المسائل
خرج اليهم وافتاهم وان قالوا الحديث قال
لهم اجلسوا ودخل مغتسله فاغتسل وتطيب
ولبس ثيابا جددا وتعمم ووضع على رأسه
الطويلة وتلقى له المنصة فيخرج اليهم
وعليه الخشوع ويوضع عود فلا يزال يتبخر
حتى يفرغ من حديث رسول اللهصلى الله عليه
وسلم
"Mutrif
berkata: apabila orang orang mendatangi kediaman Imam Malik, maka
mereka di sambut oleh pelayan wanita beliau yang masih kecil lalu
berkata kepada mereka, "Imam Malik bertanya apakah anda semua
mau bertanya tentang hadits atau masalah keagamaan?
Jika
mereka berkata "masalah keagamaan" maka, Imam Malik
kemudian keluar kamar dan berfatwa, jika mereka berkata"hadits"
maka beliau mempersilahkan mereka untuk duduk, kemudian beliau masuk
kedalam kamar mandi, lalu mandi, dan memakai minyak wangi, kemudian
memakai pakaian yang bagus, dan memakai sorban. Dan di atas beliau
memakai selendang panjang di atas kepalanya, kemudian di hadapan
beliau di letakkan mimbar (dampar) dan setelah itu beliau keluar
menemui mereka dengan khusu' lalu di bakarlah dupa hingga selesai
dari menyampaikan hadits Rosululloh SAW".
مسئلة
ج اخراق البخور عند ذكر الله و نحوه كقراءة
القرأن و مجلس العلم له اصل فى السنةمن
حيث ان النبى صلى الله عليه و سلم يحب
الريح الطيب الحسن و يحب الطيب و يستعملها
كثيرا بلغة الطلاب ص 54-53
“Membakar
dupa atau kemenyan ketika berdzikir pada Allah dan sebagainya seperti
membaca Al Qur’an atau di majlis-majlis ilmu, mempunyai
dasar dalil dari Hadits yaitu dilihat dari sudut pandang
bahwa sesungguhnya Nabi Muhammad Saw menyukai bau wangi dan menyukai
minyak wangi dan beliau pun sering memakainya .” (Bulghat Ath
Thullab halaman 53-54).
قال
بعض أصحابنا ويستحب أن يبخر عند الميت من
حين يموت لانه ربما ظهر منه شئ فيغلبه
رائحة البخور
“Sahabat-sahabat
kita (dari Imam Syafi’i) berkata: “Sesungguhnya disunnahkan
membakar dupa di dekat mayyit karena terkadang ada sesuatu yang
muncul maka bau kemenyan tersebut bisa mengalahkan/
menghalanginya.”(Al Majmu’ Syarah Muhadzdzab juz 5, halaman 160).
Penulis
: Muhammad Shulfi bin Abunawar Al ‘Aydrus.
محمد
سلفى بن أبو نوار العيدروس
Tidak ada komentar:
Posting Komentar